Wednesday, May 9, 2018

Competitive Advantage

Competitive Advantage adalah sebuah faktor/ kondisi yang membuat sebuah entitas dalam linkungan kompetisi (e.g. Lingkungan bisnis) menjadi di unggulkan/ di untungkan dengan adanya faktor tersebut. Parameter keunggulan tersebut dapat di ukur dari biaya, kualiatas, kecepatan, penguasaan pasar yang melebihi rata - rata kompetitor lain nya.

Terdapat 5 strategi Competitive Advantage

  1. Cost Leadership Strategy adalah salah satu jenis competitive advantage di mana suatu perusahaan mampu menghasilkan produk dan/atau jasa dengan biaya lebih rendah ketimbang perusahaan kompetitor pada industri ini.
  2. Operational Effectiveness merupakan sebuah usaha atau strategy untuk meningkatkan efektivitas di dalam proses bisnis internal perusahaan sehingga dapat meningkat kan parameter seperti kualitas, produktivitas, serta kepuasan karyawan dan pelanggan lebih baik dari para pesaing nya.
  3. Differentiation Strategy adalah suatu strategi dimana perusahaan berusaha meningkatkan keunggulan kompetitifnya dengan menciptakan perbedaan produk dari perusahaan dengan produk dari perusahaan lain. Tetapi, ada juga keadaan dimana strategi ini akan lebih baik diterapkan jika target pelanggan merupakan golongan-golongan yang tidak sensitif dengan harga, pelanggan memiliki kebutuhan yang sangat spesifik sehingga tidak dapat dipenuhi perusahaan lain.
  4. Customer- Orientation merupakan strategi bisnis yang berorientasi pada kepuasaan pelanggan.
  5. Innovation yaitu strategi untuk membuat produk baru dengan menggunakan teknologi yang dapat menampilkan suatu fitur bermanfaat dan berkualitas.
Share:
Location: Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment